Kamis, 16 Februari 2017

GOA KUCING GILI KETAPANG


Gili menjadi pulau dengan potensi wisata yang cukup menawan. Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri adalah wisata religi Goa Kucing. Konon, goa kucing merupakan salah  satu petilasan Syekh Maulana Ishaq atau Sunan Giri. Salah satu ulama wali songo yang terkenal kemasyuharannya. Abdul Bahri di panggil  "baberi" juru kunci Goa Kunci mengatakan, awal mula adanya goa kucing dari kakeknya. “Dulu kakek senang memancing. Saat memancing, dia melihat  seberkas cahaya di lokasi yang kini menjadi goa kucing,” terangnya. Tidak hanya sekali, sang kakek bahkan melihat sampai tiga kali. Sampai akhirnya, sang kakek bermimpi ada sosok bersorban putih yang diyakini adalah adalah putra Syekh Jumadil Qubro itu. Sejak saat itulah, tempat cahaya itu kemudian dikeramatkan.

Salah satu tanda yang diyakini  jika tempat itu pernah disinggahi Maulana Ishaq yakni keberadaan pohon santiki. Kayu serupa juga di temukan di Situbondo yang juga  diceritakan menjadi petilasan sang ulama. Menurut cerita, Syekh Maulana Ishaq kala itu menyebarkan agama Islam. Dalam perjalananya dari Gresik menuju Blambangan, Banyuwangi, Maulana Ishaq singgah di Gili. Di Gili, adik Maulana Malik Asmaraqandi (Sunan Gresik) memelihara ribuan ekor kucing. Bahkan, terdapat kucing yang kepalanya bertuliskan bahasa arab. Ketika tokoh penyebar agama Islam tersebut meninggalkan pulau ini, kucing-kucing itu  ditinggalkan begitu saja sehingga hilang tak tentu arah.
Tetapi anehnya, setiap malam Jumat legi, suara kucing-kucing itu terdengar bergantian disela-sela goa yang gelap gulita. Jika suara tadi dikejar, hilang tak terdengar lagi. Kades Gili Suparyono mengatakan, kucing-kucing yang ada di goa tersebut konon berbeda  dengan kucing pada umumnya.
“Kalau kucing  liar pasti lari ketika ketemu dengan orang, tapi  kucing ini seperti menunggu,” katanya. Sayangnya, seolah-olah kucing-kucing ini fatamorgana. Ketika didatangi, kucing tersebut tidak ada. Seiring berjalannya waktu, kekeramatan Goa Kucing semakin dikenal di masyarakat. Setiap malam Jumat legi, selalu diadakan acara doa  bersama. Bahkan, saat malam Jumat legi, pengunjung  yang datang bisa mencapai 500 orang. “Banyak yang datang kesini untuk ngalap berkah,” katanya.  Tidak hanya daerah di Jatim seperti Kota/Kabupaten Probolinggo, Kota/Kabupaten Pasuruan, Jember, sampai Situbondo. Banyak juga pengunjung dari Jakarta. (radar) Goa Kucing di gili ketapang tempat nya mudah di jangkau karena berada d pinggir pantai sebelah timur pulau gili ketapang. sangat menarik di kunjungi karena berada d kumpulan pohon kayu jaran yang berjejeran. Banyak wisata lokal  ngecam di dekat goa kucing tempat menunggu matahari terbit dengan nuansa pantai.
Jangan kwatir untuk mengunjungi nya kami udah menyediakan paket wisata ke gili ketapang.

Reservasi mas mamad 085231909991
instagram.  @pantaigiliketapang